Senin, 21 Maret 2011

Perbedaan LAN dengan WAN

PERBEDAAN LAN DAN WAN


Local Area Network (LAN)
Sesuai dengan namanya, jaringan computer LAN ada untuk mengintegrasikan beberapa computer yang ada pada sebuah local atau tempat tertentu. LAN berkembang pesat di dunia industry, baik jasa maupun manufaktur, sector formal maupun informal. Dengan LAN, efisiensi kerja semakin tinggi, karena dengan adanya penghematan resources, data, dan application, masing-masing workstastion atau node menjadi lebih spesifik kerjanya dan dedicated untuk sebuah fungsi tertentu. Ada tiga tipologi pokok LAN yaitu bus, ring, dan star yang ditentukan berdasarkan cara masing-masing computer atau workstation dihubungkan. Tipologi lainnya adalah topologi hybrid atau gabungan atau pengembangan dari tiga topologi pokok. Misalnya star ring, atau bus star dan sebagainya.
LAN merupakan suatu jaringan komputer yang cukup banyak di pakai dalam perkantoran, perusahaan modern, atau bank dan kampus karena pada LAN hubungan yang dipakai tidak dapat jauh. Jika anda ingin menggunakan jaringan untuk jarak jauh, maka sistem WAN (Wide Area Network) solusinya. LAN yang terpisah dapat dihubungkan dengan menggunakan jalur komunikasi tertentu, misalnya jalur telepon, sehingga terbentuk jaringan area luas atau Wide Area Network (WAN)


Wide Area Network
Sesuai dengan namanya, WAN digunakan untuk mengintegrasikan computer yang berjumlah besar yang tercakup dalam area yang luas (wide). Sebenarnya, secara filosofi guna atau fungsi, bahkan dari tipologinya, tidak ada yang membedakan antara WAN dan LAN selain luasnya. Penggunaan WAN biasanya diterapkan dalam perusahaan atau organisasi yang mempunyai beberapa cabang di beberapa kota atau beberapa propinsi atau beberapa Negara dimana tiap computer dari tiap cabang saling terhubung.


Bagaimana cara menghubungkan computer dalam WAN?
Pada sebuah local, misalnya B, computer-komputer yang ada dihubungkan dengan LAN. Pada LAN ini dipasang sebuah pintu gerbang atau gateway. Gateway ini berfungsi untuk menghubungkan LAN di lokasi B dengan LAN dilokasi C melalui gateway C. gateway B dan gateway C saling terhubng melalui prasarana telekomunikasi umum seperti saluran telpon, gelombang radio,gelombang mikro, atau pemancar satelit.



Jika Anda bekerja dengan computer yang tidak berhubungan dengan komputer lain, maka Anda dikatakan bekerja secara Stand Alone. Jika komputer Anda berhubungan komputer dan peralatan lain, atau membentuk suatu grup, maka bentuk hubungan ini diistilahkan dengan jaringan atau network. Bagaimana komputer dapat saling berhubungan dan mengatur sumber data yang ada disebut system jaringan (Networking). Jaringan komputer digolongkan dalam dua kelompok utama. Jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer sampai ratusan komputer di perkantoran atau gedung disebut Local Area Network(LAN). LAN merupakan suatu jaringan komputer yang cukup banyak di pakai dalam perkantoran, perusahaan modern, atau bank dan kampus karena pada LAN hubungan yang dipakai tidak dapat jauh. Jika anda ingin menggunakan jaringan untuk jarak jauh, maka sistem WAN (Wide Area Network) solusinya. LAN yang terpisah dapat dihubungkan dengan menggunakan jalur komunikasi tertentu, misalnya jalur telepon, sehingga terbentuk jaringan area luas atau Wide Area Network(WAN)








id.shvoong.com/internet-and.../2046025-perbedaan-lan-dan-wan


www.pfgenergy.com/read/perbedaan-lan-dan- 



one.indoskripsi.com/node/6223 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar